Cara Melihat dan Cetak Rapor Mutu PMP 2018


Apa itu PMP?

PMP merupakan kepanjangan dari Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. PMP adalah suatu mekanisme yang sistematis, terintegrasi dan berkelanjutan untuk memastikan bahwa seluruh proses penyelenggaraan pendidikan telah sesuai dengan standar mutu dan aturan yang ditetapkan. Untuk dapat melakukan penjaminan mutu pendidikan dengan baik diperlukan adanya sistem penjaminan mutu pendidikan. Sistem  penjaminan  mutu  pendidikan  dasar  dan menengah terdiri atas dua komponen yaitu Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).

Bagaimana cara melihat hasil rapor pmp 2018?

Baiklah untuk mengetahui hasil rapor PMP 2018 sekolah, anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Buka halaman PMP dengan alamat : http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ tampilan halamannya akan seperti gambar dibawah ini (diakses 15 September 2019). 
    Halaman Website PMP
  2. Scroll ke bawah, akan ada Tautan Aplikasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan anda dapat langsung menekan logo RAPOR MUTU 2018 atau lebih jelasnya pada gambar di bawah ini. atau anda juga dapat langsung mengakses link ini : http://118.98.228.27/rnpk/index.php?d=0 (diakses 15 September 2019) 
    Tautan Menuju Rapor Mutu PMP 2018
  3. Anda akan diarahkan ke halaman login, silahkan login menggunakan akun dapodik sekolah anda. Yang diisi antara lain username, password dan pertanyaan. Silahkan diisi dan tekan tombol Login 
    Halaman Login Rapor Mutu PMP 2018
  4. setelah berhasil Login, anda akan diarahkan ke halaman dashboard, pada bagian Pilih Wilayah dan Sekolah anda isi Wilayah dan Sekolah untuk melihat hasil rapor PMP 2018 sekolah anda. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat gambar bergerak di bawah ini : 

  5. Untuk mendownload Rapor PMP 2018, anda dapat langsung menekan tombol berwarna hijau "Export Excel"
    Cetak Rapor Mutu PMP 2018
  6. Selesai
Kurang lebih seperti itulah bagaimana caranya melihat hasil rapor PMP 2018. Pada alamat link diatas juga disediakan link download rapor PMP 2018 dalam bentuk excel hingga anda pun bisa mencetak / print hasil rapor PMP 2018 sekolah anda. 

Jika ada yang ingin ditanyakan seputar rapor PMP 2018, anda dapat langsung meninggalkan komentar di kolom komentar di bawah ini (pastikan anda mempunyai akun google untuk dapat berkomentar). Sekian terima kasih