Kepala Sekolah Tidak Bisa Login Dapodikdasmen



kepsek-tidak-bisa-login-dapodikdasmen
Gambar 1. Pesan error gagal menyimpan pengguna




Introduction dan Pengenalan Masalah





Apakah kalian pernah mengalami hal serupa dimana kepala sekolah tidak bisa login di aplikasi dapodikdasmen? Pada kasus yang akan saya sampaikan kali ini permasalahannya ada pada alamat email. Email yang digunakan oleh operator sekolah dan kepala sekolah ternyata sama.





Karena alamat email yang digunakan sama, maka terdeteksi oleh dapodik "Gagal menyimpan pengguna (duplikasi data yang telah ada)". Pesan error ini muncul dan hilang sangat cepat sehingga kita tidak sempat untuk membaca utuh pesan errornya. Yang saya lakukan untuk menangkap pesan errornya yaitu dengan melakukan screenshoot ketika pesan errornya muncul.





 





Lalu, bagaimana caranya mengatasi?





Sebenarnya yang terjadi adalah penggunaan alamat email yang sama antara kepala sekolah dan operator sekolah. Jadi, untuk mengatasi hal tersebut kita cukup mengganti email kepala sekolah dengan email yang aktif.





 





Saran





Saya memberi saran kepada rekan operator sekolah untuk dapat membedakan alamat email yang digunakan di dalam aplikasi dapodik. Untuk login operator sekolah sebaiknya menggunakan alamat email sekolah yang aktif, sementara untuk akun guru ataupun kepala sekolah bisa menggunakan alamat email aktif pribadi. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi duplikasi alamat email.