Cara Melakukan Find And Replace Text di MySQL




Pada postingan ini akan dijelaskan bagaimana caranya kita melakukan Find and Replace Text di MySQL layaknya sama seperti kita melakukan Find and Replace di Microsoft Office Excel. Untuk melakukan Find and Replace Text di MySQL, kita akan menggunakan sebuah function yaitu REPLACE, dengan REPLACE ini kita dapat mengganti substring menjadi string lainnya.





Tulisan ini saya buat ketika saya mengalami sebuah kejadian, dimana saya harus merubah isi data pada sebuah kolom tabel yang cukup banyak. Untuk melakukan hal itu, saya menggunakan REPLACE. Untuk menggunakan REPLACE ini sangat lah mudah.





Sintaks dasarnya :





REPLACE(str,old_string,new_string);




Function REPLACE ini mempunyai 3 buah parameter. new_string akan merubah old_string yang terdapat di str. Baik lah, kita langsung saja masuk ke contoh penggunaannya.





Ceritanya saya akan merubah isi kolom tempat_tinggal (str) berupa angka 1 (old_string) menjadi Bersama Orangtua (new_string)





UPDATE tbl_siswa
SET
tempat_tinggal = REPLACE(tempat_tinggal, '1', 'Bersama Orangtua')
WHERE
tempat_tinggal = '1';




Cara membaca query di atas adalah :





" Tolong perbaharui tabel tbl_siswa, kemudian atur kolom tempat_tinggal dan ubah 1 menjadi Bersama Orangtua dimana isi dari kolom tempat_tinggal itu harus 1 ".





Referensi